Selain Bacaan Sholat Jenazah Perempuan, Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Bacaan sholat jenazah perempuan dan laki-laki memiliki sedikit perbedaan yang perlu diperhatikan. Sebagai umat Islam sebaiknya mengetahui dan memahami betul tentang tata cara sholat jenazah yang benar dan sesuai syariat. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat melaksanakan sholat jenazah.

1. Syarat Sah Sholat Jenazah

Jika seseorang akan melaksanakan sholat jenazah wajib mematuhi semua syarat sah seperti sholat lainnya. Seperti wajib bersih dari hadast kecil maupun besar, menutup aurat serta sholat menghadap kiblat.

Selanjutnya sholat dikerjakan setelah jenazah dikafani dan dimandikan, sehingga jenazah telah suci dari hadast. Matur diposisikan sebelah kiblat dari orang yang menyukai.

2. Waktu Shalat Jenazah

Untuk melaksanakan sholat jenazah tidak ditentukan waktu pelaksanaannya seperti sholat wajib. Akan tetapi ada waktu-waktu tertentu yang dilarang untuk shalat dan menguburkan jenazah.

Yakni saat matahari terbit hingga agak meninggi, juga saat matahari tepat di tengah (siang hari). Selanjutnya saat senja atau matahari hampir terbenam (maghrib).

Hal ini sudah tertuang dalam hadits riwayat muslim, menerangkan tentang tiga waktu yang dilarang untuk sholat dan menguburkan jenazah.

3. Tempat untuk Sholatin Jenazah

Sama halnya dengan waktu, sholat jenazah dapat dilakukan dimana saja. Seperti rumah bahkan masjid, hal ini telah disebutkan dalam hadits Imam muslim.

4. Rukun Sholat Jenazah

Rukun dalam tata cara sholat jenazah juga perlu diketahui. Seperti bacaan sholat jenazah sebelum memulai, imam berada sejajar dari kepala jenazah.

Melakukan takbir sholat sebanyak empat kali, lakukan dengan berdiri (bagi yang mampu). Lakukan tanpa ruku’ dan sujud juga duduk, membaca surah Al Fatihah, sholawat nabi Muhammad Saw. Setelah takbir ke-3 mendoakan jenazah, setelah itu dalam dengan posisi berdiri.

5. Posisi Sholat Jenazah Perempuan

Adapun tata cara sholat jenazah laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan, baik dari posisi sholat juga niat sholat jenazah. Posisi imam saat sholat jenazah perempuan berada searah tali pusat.

Untuk makmum berada pada belakang imam seperti sholat fardhu yang biasa dilakukan. Sedangkan jumlah shaf pada sholat jenazah perempuan yakni angka ganjil.

6. Bacaan Sholat Jenazah Perempuan untuk Imam

Imam sebelum melakukan sholat jenazah tentu membaca niat yang berbeda dengan jenazah laki-laki. Membaca niat dengan lafal yang sama hanya berbeda dengan kalimat haadzihil mayyitati (mayit perempuan).

7. Bacaan Sholat Jenazah Perempuan bagi Makmum

Sama halnya dengan imam, untuk sholat jenazah memiliki lafal yang sama hanya berbeda pada kalimat haadzihil mayyitati (mayit perempuan). Juga dengan kalimat makmuman bagi makmum.

Melaksanakan sholat jenazah dilakukan dengan empat kali takbir (takhbirratin).

8. Manfaat Melakukan Sholat Jenazah

Sholat jenazah tidak hanya sunah dilakukan, tetapi sebagai umai Islam yang menjunjung tinggi solidaritas dan persaudaraan, maka harus mengikuti. Memiliki faedah saat mengikuti sholat jenazah, seperti Anda akan lebih mengingat kematian itu pasti.

Dapat mempererat tali silaturahmi antar umat dan tetangga. Menunjukkan rasa peduli dan saling menguatkan untuk yang ditinggalkan.

Anda juga bisa bersedekah do’a saat mengikuti sholat jenazah, karena ikut andil dalam pembacaan tahlil, takbir dan sholawat. Juga Anda akan lebih mengingat akan amalan yang akan dibawa mati nantinya, karena hanya amal ibadah sebagai teman saat di alam kubur.

Demikian artikel bacaan sholat jenazah untuk perempuan beserta syarat, rukun serta niat. Semoga bermanfaat dan dapat menambah mempertebal keimanan.

hd film hd film izle film
mersin escort